Rabu, 05 Desember 2012

Bisnis = Hobi ?

Diposting oleh Unknown di 04.14
Bisnis = Hobi ?



 Terkadang ada orang yang mengatakan bisnis itu sama dengan hobi. Hmm.. Bagaimana menurut anda? Menurut opini saya, bisnis itu bisa bermula dari sebuah hobi. Bisnis dan hobi berbeda.. Kenapa saya menyebutnya demikian? Bisnis adalah suatu hal yang dilakukan untuk mendapatkan laba, sedangkan hobi adalah suatu hal yang disukai. Hobi tidak memikirkan laba dan bisnis tidak memikirkan individu, atau personal. Bisnis lebih majemuk, lebih mementingkan pasar sedangkan hobi hanya memikirkan kepuasan individu. Hobi bisa menjadi bisnis sedangkan bisnis belum tentu bisa menjadi hobi.

Sebagai contoh :
Nani mempunyai hobi membuat kue (Hobi)
Nani mempunyai bisnis yaitu ia mempunyai sebuah butik (bukan dari hobi, ini bisnis murni)

Dan hobi menjadi bisnis sebagai contohnya:

Nani mempunyai hobi membuat kue (Hobi)
Nani mempunyai toko kue (dari Hobi ke Bisnis)

Berbeda bukan? dan - lagi-lagi - menurut saya jika seseorang menjalan bisnisnya berdasarkan hobi (atau minimal suka terhadap suatu kegiatan) ia akan lebih enjoy, lebih fun untuk menjalani bisnis tersebut. Kenapa bisa demikian? karena - lagi - lagi - menurut saya, jika kita melakukan sesuatu berdasarkan hobi dialam bawah sadar kita akan merasa sangat tidak terbebani dan merasa nyaman untuk menjalani bisnis tersebut. Selain itu orang yang benar-benar berbisnis berdasarkan hobi terkadang tidak peduli jika laba yang didapat itu kecil maupun besar, karena ia sudah mendapatkan hal yang lebih penting dari itu. Kepuasan hati.

Dan jika seseorang menjalankan bisnisnya dengan setengah hati (atau bahkan terpaksa) maka itu akan membuat orang tersebut cepat stress dan dapat mempengaruhi kesehatan batinnya. Bisnis butuh kesenangan, kesediaan untuk melakukan berbagai tindakan. Dengan kondisi setengah hati ataupun terpaksa, kesenangan dan kesediaan untuk melakukan berbagai tindakan tersebut tidak dapat dilakukan. Sehingga mempengaruhi kineja seseorang dan bisnisnya tersebut.


Nah, bagaimana dengan anda?



0 komentar:

Posting Komentar

 

Hello Minna-san! Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei